Beranda > Aqidah, Fatwa > Apakah doa bisa merubah Takdir

Apakah doa bisa merubah Takdir

Pertanyaan.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin ditanya : “Apakah do’a berpengaruh merubah apa yang telah tertulis untuk manusia sebelum kejadian?”

Jawaban.

Tidak diragukan lagi bahwa do’a berpengaruh dalam merubah apa yang telah tertulis. Akan tetapi perubahan itupun sudah digariskan melalui do’a. Janganlah anda menyangka bila anda berdo’a, berarti meminta sesuatu yang belum tertulis, bahkan do’a anda telah tertulis dan apa yang terjadi karenanya juga tertulis. Oleh karena itu, kita menemukan seseorang yang mendo’akan orang sakit, kemudian sembuh, juga kisah kelompok sahabat yang diutus nabi singgah bertamu kepada suatu kaum. Akan tetapi kaum tersebut tidak mau menjamu mereka. Kemudian Allah mentakdirkan seekor ular menggigit tuan mereka. Lalu mereka mencari orang yang bisa membaca do’a kepadanya (supaya sembuh). Kemudian para sahabat mengajukan persyaratan upah tertentu untuk hal tersebut. Kemudian mereka (kaum) memberikan sepotong kambing. Maka berangkatlah seorang dari sahabat untuk membacakan Al-Fatihah untuknya. Maka hilanglah racun tersebut seperti onta terlepas dari teralinya. Maka bacaan do’a tersebut berpengaruh menyembuhkan orang yang sakit.

Dengan demikian, do’a mempunyai pengaruh, namun tidak merubah Qadar. Akan tetapi kesembuhan tersebut telah tertulis dengan lantaran do’a yang juga telah tertulis. Segala sesuatu terjadi karena Qadar Allah, begitu juga segala sebab mempunyai pengaruh terhadap musabab-nya dengan izin Allah. Maka semua sebab telah tertulis dan semua musabab juga telah tertulis.

Al-Qadha’ wal Qadar – Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin

Artikel Terkait

Beriman Kepada Takdir
Tafsir sebagian golongan tentang makna takdir
Takdir Telah Ditetapkan Sebelum Penciptaan Langit dan Bumi

About these ads
Kategori:Aqidah, Fatwa
  1. abdul hadi
    Maret 10, 2010 pukul 7:03 pm

    alkhamdulilah di fb ada media yg mengigatkan saya lg shg lebih semangat lg dlm mempelajari al ilmu

  2. bagus
    November 26, 2013 pukul 4:17 am

    Saya sependapat dengan ustadz, banyak orang, ulama sekalipun berpendapat doa itu merubah takdir Allah seakan-akan doa berada diluar lingkup takdir, sehingga kekuasaan mutlak Allah bisa diubah-ubah manusia, wassalam.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 822 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: