Manfaat Api bagi Manusia

Perhatikan hikmah Dia mengkhususkan api itu untuk manusia, tidak untuk hewan-hewan lainnya. Hewan tidak butuh api. Berbeda dengan manusia. Kalau tidak ada api, tentu banyak bahaya dalam kehidupannya. Hewan-hewan selain manusia tidak memakainya.

Kami akan menyinggung sedikit faedah api untuk sebuah perkakas yang kecil ukurannya tapi besar gunanya, yaitu lampu yang dipakai manusia. Dengan lampu, manusia memenuhi hajat mereka pada malam hari. Kalau tidak ada lampu, separuh usia manusia seperti orang mati. Siapa yang dapat menulis, menjahit, membuat kerajinan dan sebagainya dalam kegelapan yang pekat? Bayangkan, bagaimana rasanya orang yang mendadak sakit pada malam hari, lalu memerlukan cahaya, obat, infus, dan sebagainya.

Kemudian lihatlah cahaya dari sumbu lampu! Meski kecil, bagaimana cahaya itu dapat menerangi seluruh daerah di sekitarmu sehingga kamu dapat melihat benda yang jauh maupun dekat? Dan ketahuilah, kalau setiap makhluk mengutip darinya, ia tidak habis dan pancarannya tidak melemah.

Api juga bermanfaat untuk memasak makanan dan obat. Juga untuk mengeringkan apa yang tidak dapat dimanfaatkan kecuali kalau kering, dan menguraikan apa yang tidak dapat dimanfaatkan kalau tidak dalam keadaan terurai. Terlampau banyak faedahnya jika dihitung.

Perhatikan sifat yang dimiliki api, yaitu menjulang naik ke atas. Kalau tidak ada benda yang menahannya, tentu api akan pergi naik sebagaimana halnya benda padat kalau tidak ada yang menahannya tentu akan jatuh ke bawah. Siapa yang memberinya kekuatan ini, yang membuatnya jatuh ke bawah, dan memberikan kekuatan itu yang menjadikannya naik ke atas. Tidak lain, itu karena takdir Tuhan Yang Maha Perkasa dan Maha Tahu.

Miftah Ad Dar As Sa’adah – Ibnul Qoyyim Al Jauziyah

Share this :


Facebook
Twitter
More...

Satu pemikiran pada “Manfaat Api bagi Manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s