Manusia Apa Yang Tidak Ada Bedanya Dengan Hewan?

Adapun orang yang tidak memiliki dua hal, yaitu terangnya hati dan kemampuan berbicara, tidak ada bedanya dengan hewan. Bahkan, hewan lebih baik. Hewan masih memiliki manfaat dan faedah bagi manusia yang memakainya. Adapun orang seperti ini, mereka tidak mengetahui banyak hal yang diketahui oleh hewan-hewan itu. Dia menjerumuskan dirinya ke dalam kubangan yang hewan-hewan itu sendiri menghindarinya.

Tidak punya kemampuan bicara lebih ringan daripada tidak punya kejernihan hati. Orang yang tidak memiliki ciri khas manusia, yaitu kemampuan berbicara, bebannya berat. la amat menyesal dan sedih, sebab tidak dapat berkomunikasi. Dia seperti orang lumpuh. Dia dapat melihat benda yang dibutuhkannya, tapi tangan dan kakinya tidak dapat digerakkan untuk mengambil.

Jadi, alangkah banyak nikmat Allah Ta’ala atas hamba-Nya dalam organ-organ ini, sementara si hamba tidak sadar, apalagi bersyukur. Seandainya ia kehilangan fungsi salah satu organ itu, tentu dia akan berangan-angan kalau saja bisa mendapatkannya kembali, walaupun dengan imbalan dunia seisinya. Dia hidup di dunia mempergunakan nikmat-nikmat Allah Ta’ala dengan kesehatan dan kekuatan organ tubuhnya, tapi tidak mensyukuri nikmat itu. Sekiranya dia ditawari dunia seisinya, tapi dengan syarat harus kehilangan salah satu fungsi organ itu, pasti dia enggan karena tahu bahwa dia akan rugi dengan pertukaran itu. Mahabenar Allah dengan firman-Nya,

“Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Ibrahim: 34)

Miftah Ad Dar As Sa’adah – Ibnul Qoyyim Al Jauziyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s