Osama bin Laden Mujahid di Jalan Syaithan

oleh: Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad -hafizhahullah-

Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad -hafizhahullah- ditanya tentang kematian seorang khawarij Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) bertepatan dengan hari Senin (28/5/1432 H) ba’da shalat Isya.

Soal:
Apa pendapat yang objektif tentang kematian Usamah bin Ladin karena ada yang bergembira dengan kematiannya dan sebaliknya ada yang mengatakan bahwa ia adalah seorang mujahid dan mengatakan bahwa dia mati syahid?

Jawab:
Bagaimana mungkin dia disebut sebagai mujahid? Na’am, dia mujahid di jalan syaithan. Usamah bin Ladin membawa petaka yang besar bagi kaum muslimin. Tidak diragukan lagi bahwa kematiannya mendatangkan ketentraman bagi kaum muslimin. Umat manusia menjadi lebih tenang dengan kepergiannya.

Sumber:

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=120559

38 pemikiran pada “Osama bin Laden Mujahid di Jalan Syaithan

  1. mujahid bin abdullah

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. fii sabilisysyaithan? gak setuju. Selama pendapat itu bukan dari Allah dan Rasul-Nya maka pendapatnya bisa ditolak.

    Syarat fii sabilisysyaithan kan harus orang kafir. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut,..”(An-Nisa’: 76)

    Karena Usamah bin Ladin termasuk orang yang beriman maka tidak masuk di akal jika dia berperang di jalan syaithan. Perbuatannya yang keliru yang merugikan kaum muslimin dan kaum kafirin itu belum bisa mengeluarkannya dari Islam.

    Pernyataan ini kan sama saja mengkafirkan Usamah bin Ladin, padahal khawarij itu masih Islam (kalo yang menganggap khawarij).

    Kalo begitu terkena sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

    “Siapa yang menyeru kepada seseorang dengan sebutan kekafiran atau ia mengatakan: Wahai musuh Allah, sementara yang dituduhnya itu tidak demikian maka sebutan tersebut kembali kepadanya.” (Shahih, Hadits Riwayat Muslim no. 61)

    Nampaknya pendapatnya kurang adil dan kurang bijak.

    1. Memangnya siapa yg mengkafirkan Osama, apakah ente belum pernah mendengar hadits berikut ini:

      Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu yang tsabit (termaktub) di dalam Ash-Shahih bahwa ia berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam membuat satu garis dengan tangannya kemudian dia bersabda: “Ini adalah jalan Allah yang lurus.”

      Ibnu Mas’ud berkata: Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam membuat garis dari kanan dan kiri garis tersebut, kemudian beliaubersabda,”Ini adalah jalan-jalan, yang tidak satu jalan pun darinya kecualiada setan yang menyerunya.
      Kemudian beliau membaca,”Dan sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah iadan jangan mengikuti jalan-jalan.” [HR. Imam Ahmad I/465]

      Dan lafazh yang mendekati adalah hadits yang diriwyatkan oleh Al-Hakim II/318, yang lafadznya: Ibnu Mas’ud berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam membuat untuk kami suatu garis kemudian beliau membuat garis-garis dari kanan dan kirinya, kemudian bersabda,”Ini adalah jalan Allah, sedangkan ini adalah jalan- jalan yang pada setiap jalan ini ada setan yang menyeru kepadanya….” [Al-Hadits]

      Al-Hakim berkata, “Sanad hadits ini shahih, Bukhari dan Muslimi tidak mengeluarkannya”, dan adz-Dzahabi menyetujuinya.

      Pahamilah hadits ini dan ente akan paham apa yg dimaksud dengan mujahid di jalan syaithan.

      1. sakhy

        udah2…g perlu jg ribut gt lahhhhh, g ada pahalanya bhas si osma. LANA A’MALUNA WALAKUM A’MALUKUM.
        msih bnyk hal lain yg berfaedah dlm islam yg lbh pnting d istikomahkn.
        gt aza koq repot.

      2. mujahid bin abdullah

        Intinya ane ingin antum cabut saja artikel (fatwa) di atas, agar tidak menimbulkan kebencian para simpatisan Osama kepada web ini dan dakwah Islam.

        Karena buku-2, dan artikel disini bagus-bagus loh. Namun setelah membaca yang ini, ane rasa kurang ahsan dan menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan.

      3. Ikhsan

        Benar, bahwa kita haruslah menjadi muslim yang benar-benar mengikuti Al quran dan As sunnah. Tunjukkan kalau kita memang muslim yang baik. Tidaklah baik rasanya kita saling ribut antar sesama kita membahas masalah yang kita sendiri tidak tahu seperti apa perbuatan yang osama lakukan. Kita hanya mendengar dari berita yang belum tentu semuanya benar. Karena hampir semua stasiun berita memberitakan berita yang tidak adil dan berimbang. Berhati-hatilah. Jangan suka menuduh sesama muslim. Apalagi mengatakan seseorang khawarij..Kita bisa mengambil hikmah positif dari perjuangan osama, banyak orang non muslim yang sebelum tidak tahu apa itu Islam, mereka berlomba-lomba mencari tahu. Ada juga berita yang mengatakan bahwa peledakan gedung WTC itu akibat rencana jahil dan busuk orang-orang yahudi untuk merusak citra Islam, karena orang-orang kafir ingin menjadikan Islam sebagai musuh mereka setelah hancur dedengkot komunis yaitu uni soviet. Berhati-hatilah terhadap apa yang kita ucapkan. Semoga ini dapat membuka jalan kita untuk membina ukhuwah persaudaraan kita sesama muslim yang lebih baik tanpa melihat kita dari kelompok mana, selama aqidah sama mereka adalah saudara. Jika mereka salah itulah tugas kita untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, bukan saling menyalahkan. Setiap orang bertanggung jawab terhadap apa yang mereka perbuat. Jazakumullah.

      4. bundanet

        hahahahahaha….

        dengan ilmu ente perihal hadist yg luar biasa, apa hubungannnya perjuangan dan wafatnya usamah bin laden dengan hadist yg diriwayatkan oleh HR. Imam Ahmad diatas? tolong pencerahannya.

        dengan pendapatnya ttg usamah, abdul muhsin mestinya yakin 100 % dong yah kalo usamah masuk neraka? lah wong dia bilang “mujahid di jalan setan”? bener2 luar biasa ulama yang satu ini :)

        satu lagi, nurut ente, Abdul Muhsin Al Abbad atau usamah bin laden yang masuk kategori ulama su’?

        hati2 dengan yang namanya taklid buta, bos :p

  2. situs ini punya salafi ya. Kalau salafi memang alergi dengan orang-orang yg memperjuangkan Islam atau menegakkan kalimatullah. Lain dengan salafi di zaman Rasulullah. Kalau salafi sekarang menyebut dirinya salafi padahal jauh dari tuntunan Rasulullah. Salah satunya alergi kalau ada orang yg memperjuangkan kalimatullah.

      1. mujahid bin abdullah

        Bukan masalah ngebomnya. Itukan salah satu strategi berperang yang memang harus berhati-hati menggunakannya. Memang telah terjadi banyak refleksi terhadap tindakan ini. Dan mujahidin lebih berhati-hati lagi dalam penggunaannya. Harus sesuai adab&fiqh jihad mulai diperhitungkan. Dan refleksi ini menghasilkan pemahaman baru mujahidin untuk lebih memperhatikan lagi yang akan dia lakukan. Istilah gampangnya “tobat dari kesalahan”. Dan mengevaluasi seluruh pergerekan yang telah dilakukan.

        Namun mereka tetep menggunakan jalan dakwah&jihad untuk menegakkan din Islam di muka bumi ini. Dan ini adalah sinyal positif yang harus didukung oleh kaum muslimin yang lain. dengan cara memberi kan support dan semangat. Tidak mengolok-olok mereka, menghina mereka, dan membesar-besarkan kesalahan yang telah mereka lakukan dulu.

        Aib saudara itu harus ditutupi. Dan nasehati dengan baik agar tidak mengulanginya lagi. Jangan digembor-gembor didepan umum berdalih mengambil pelajaran.

        Akhirnya yang timbul kebencian diantara kaum muslimin. Saling ejek khawarij dan murjiah. Yang khawarij tetap bersikukuh dengan kekhawarijanya. dan yang murjiah juga bersikukuh dengan murjiahannya. Itukah akhlak salaf?? Membuat kaum muslimin saling menuduh.

      2. bundanet

        hahahaha….

        nick name ente luarbiasa bagus…cuman kebencian yang terkandung di kalimat yang ente tulis udah ga bener…ati2 jika kelak ente beneran ketemu dengan the real shirotholmustaqim

  3. mujahid bin abdullah

    Bener juga Ustadz..
    Syukran atas haditsnya yang lengkap.

    Dan Usamah bin Ladin dibunuh oleh musuh Allah. Bukankah setiap orang muslim yang dibunuh musuh Allah karena membela agamanya & kaum muslimin disebut mati syahid?

    Yang pasti kesyahidan tergantung niat dia. Namun secara zhahir insyallah dia syahid. Berarti ini sbuah hadiah yang besar dari Allah, jika dia dimatikan dlm keadaan syahid.

    Dan gak cocok aja dia dijuluki mujahid fii sabilisysyaithan dikarenakan kebencian terhadap dia. Sebagaimana firman Allah Ta’ala,
    “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Maidah: 8)

    Mungkin diam lebih baik. karena Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “barangsiapa yang beriman kepada Allah dan rasulnya hendaklah iya berkata benar atau diam”

    Justru dampaknya akan terjadi kebencian diantara kaum muslimin, karena ada banyak juga simpatisan Usamah bin Ladin.

    Jadi wallahualam jangan benci yang belum tentu Allah dan Rasul-Nya benci.

  4. Abu Hasan 'Ali Al Linghawy

    Bismillah walhamdulillah, Ketahuilah saudaraku fillah bahwa seluruh ulama kibar pada masa ini semisal Asy-Syaikh ’Abdul-’Aziz bin ’Abdillah bin Baaz, Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’iy rahimahumallah, dan Asy-Syaikh Ahmad bin Yahya An-Najmiy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Muhammad Âlu Syaikh Syaikh Sholih Al-LuhaidânAsy-Syaikh Rabî’ Bin Hâdi Al-Madkhalyyaikh Muhammad bin Hadi, Syaikh Sholih As-Suhaimi, Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili, Syaikh Ibrahim Ar-Ruhaili, syaikh shalih fauzan, syaikh utsaimin dan Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad BAHWA SEMUANYA SEPAKAT BAHWA USAMAH BIN LADEN ADALAH KHAWARIJ DI MASA INI DAN TELAH MELAKUKAN KERUSAKAN DI MUKA BUMI DAN DIA ADALAH ORANG YANG MENYIMPANG DARI KEBENARAN DAN MENENTANG WALIYUL ‘AMR.

  5. ds. adrianto

    Kalau pernyataan itu benar
    1. Yang membunuh Osama Bin Laden disebut apa…???
    2. orang kafir akan lebih tenang melakukan kemungkaran..???

  6. yang menentukan orang syahid atau tidak bukan kita manusia yang hina ini, apalagi kalu dikatakan syahid di jalan setan, jangan jangan kita yang mengatakan itu malah setan nya, yang sudah menghina saudara sesama muslim, saya tidak percaya ulama2 kibar berkata seperti itu

  7. jimmy

    kalo osama udah berjihad mengucurkan amwal wa anfus,,,,, ente yang mengaku salafi…….apa yang dah antum lakukan untuk diin ini….jangan NATO>>>>>>>

  8. hayya

    bner….ulama yg disebutkan diats adlah ulama su2,, yg mengekor sm thagut,, di saudi aj org yg berpaham jihad aj ud ditangkep…usama tidak pernah ngebom sembarangan,, klo ente ngomong dy ngebom sembarangn,, tu ente uda ke makan fitnah media kuffar n sekuler,, bukan kah Allah sudh memberikan peringatan bagi orang muslim untuk meng check kebenaran setiap berita,, terutama dr org fasik n kafir,, agar km tidk mencelakakan saudaramu,, di list downloadx kq g da kitab mengenai jihad??terutama dr ulama salaf, pdahal dlam quran dan sunnah banyak dijelaskan tentang jihad…dan jihad hal utama, tidak ada yang menyamai keutamaannya… umat islam tertindas n tertindas di masa2 ini karena meninggalkan jihad,, tu sudah sesuai nubuwah nabi,, umat islam akan tertindas n terhina klo meningalkan jihad(perang)

    1. Penggemar berat osama ya sama kaya Nurdin M Top yg suka ngebom sembarangan. Perlu diketahui bahwa jihad itu bersama pemimpin dan di medan perang bukan di tempat umum seperti rekan-rekan sepemahamanmu lakukan. Kalo ente memang berani kenapa ente ga tantang aja tu tentara kafir kenapa malah warga sipil yg jadi korban.

      Dan kalo ente menganggap pemerintah Indonesia itu kafir kenapa ga ente tantang aja tu TNI kenapa malah polisi dan warga sipil, memang kalian dasar pecundang beraninya cuma ngelawan orang yg ga bersenjata persis kaya banci, sekali banci tetep aja banci.

  9. hamba Allah

    Astaghfirullah al ‘Adhim,ana kaget kenapa osamah Rahimahullah dibilang mujahid dijalan syetan?? kenapa beliau yang care(peduli) kepada saudara seiman yang dijajah oleh amerika Laknatullah dibilang seperti itu ?? memang apa yang dilakukan oleh abdul muhsin ketika Rasulullah SAW dihina dengan cara dikarikatur oleh orang Kafir belanda,saudara kita dipalestina dibantai, apakah dia berbuat lebih dari apa yang dilakukan Usamah bin Laden Rahimahullah?? kenapa ada orang yang mengaku beriman tapi gembira ketika saudaranya meninggal ditangan kafir amerika ?? abdul muhsin adalah ulama’, su’ .
    berfatwa tapi tak ada dalil dari al-qur’an dan sunnah.abdul muhsin adalah manusia biasa.bisa salah bisa benar. tidak wajib diikuti fatwanya. satu satunya orang yang wajib diikuti fatwanya adalah Rasululah SAW.

  10. Nurdian

    Menurut saya “https://shirotholmustaqim.wordpress.com/” bermanfaat,
    tapi saya punya saran kepada admin
    “https://shirotholmustaqim.wordpress.com/”, jangan beri komentar kepada orang-orang yang bermasalah, agar tidak menurunkan kualitas “https://shirotholmustaqim.wordpress.com/”.
    Oke?

  11. Nurdian

    E-book atau MP3 tentang makna bacaan shalat susah saya mendapatkannya, kalau admin tahu, tolong beri tahu link-nya apa?
    kirim ke e-mail, ya!

  12. qois

    sebaiknnya artikel ini di cabut deh….
    jadi perang (kebencian) diantara kita jadinya…
    Allah yg maha tahu atas perbuatan hambanya…
    kita tak bisa menghakimi kalau kita tidak paham. OK

  13. Nurdian

    Admin “https://shirotholmustaqim.wordpress.com/” lebih baik jangan menampilkan komentar orang-orang yang bermasalah, sebab mereka belum mengetahui ilmunya.
    Janganlah melampaui batas!
    Akan lebih bermanfa’at kasih saja Kitab Tauhid ke e-mail mereka. Siapa tahu mereka dapat hidayah?
    Tafsir Ibnu Katsir belum lengkap nih?kapan melengkapinya?Ditunggu nih!?

  14. abu umair

    berpaling dari orang jahil…ini langkah yang terbaik
    bagi yg belum faham ayo kita belajar
    bagi yg merasa sdh benar tolong diteliti kembali dalil/hujjah2 antum tanpa hawa nafsu…
    Syukron Ya Admin… kitab2 antum mufiidun jiddan

  15. Heri Khoeri

    Mohon maaf, ane orang awam…, jadi apa bedanya ya dengan paham Usamah bin Ladn (dalam hal menyesatkan kelompok lain dengan berbagai justifikasinya)??? Apakah orang yang bersungguh-sungguh di jalan Allah (tapi karena kebodohannya/ salah pemahaman) tapi dia yakin dan ikhlas karena Allah dicap “ahli Neraka” / mujahid di jalan syaithan, tidak adakah kata yang lebih santun??? Walaupun mungkin ane sepakat dengan pemahaman anda tapi apakah menimbulkan kebencian baru/ ashobiyah baru/ taqlid baru (dengan dalil “baca dalih; red” jalan yang lurus cuma 1), mohon pencerahan….Jazakumullah

  16. manakah yg lebih dekat dengan contoh dari rasulullah, osama yang berperang memerangi orang kafir ataukah orang2 yang mengaku muslim tetapi duduk diam dan bahkan menghujat seorang mujahid.

    ketika suatu wilayah muslim diserang, maka jihad bagi penduduk di wilayah tersebut hukumnya fardhu ‘ain. jika penduduk di wilayah tersebut tidak berhasil mengusir musuh, maka kewajiban jihad meluas ke wilayah sekitarnya, demikian seterusnya hingga kewajiban jihad mencakup semua muslim di seluruh dunia. jihad saat ini fardhu ‘ain bagi seluruh muslim di dunia karena musuh hingga saat ini masih menguasai palestina.

    hati2 menghujat mujahid, barangsiapa membantu musuh memerangi muslim walau hanya dengan ucapan atau sebutir kurma, maka ia kafir. bagi yg masih belajar tentang jihad, carilah bacaan2 yg bersumber dalil qur’an dan sunnah. jangan mudah terpengaruh kalimat2 slogan yg tidak jelas asalnya seperti “kekerasan tidak ada dalam islam”, sehingga memahami jihad berdasarkan apa yg diinginkan barat/musuh islam, bukan memahami jihad sebagaimana diajarkan oleh islam itu sendiri. kekerasan itu dihalalkan dalam islam dalam kondisi2 tertentu misalnya jihad. kalau kekerasan tidak ada dalam islam, maka tidak akan pernah ada perintah jihad.

  17. hapus aja lah min…….
    ni thrit mang g mutu abies….
    malah ngebuka kedok lu & kelompok lu ndiri,…benci buanget dngn yg namanya persiapan mastato’tum, apalgi terjun…..
    muna lu….!!!!

  18. Boedi

    Amerika , Inggris dan Negara Eropa lainnya yang notabene beragama Kristen sangat senang dengan kematian Osama, mereka bilang salah satu penggangu ketentraman dunia telah berhasil dibunuh, kok bisa sama ya antara komentar orang Kafir tersebut dengan komentar Syaikh anda, ada pepatah, teman musuh kamu adalah musuh mu , jadi saya yakin Syaikh anda itu bagian dari Amerika dan Antek-anteknya

  19. asdfa

    emang ulama saudi sdh ngecek kl usama itu bikin ulah.
    wali amr skg siapa?bukankah ulama najd yg memberontak kepada wali amr? bknkah kerajaan najd yg berontak kpd khilafah usmani?liat skg hasil kerja ente2. kita ga ada lg pemimpin. kan ente yg bikin masalah dgn mecah belah umat. kata ente mau satukan umat. ane ga akui negara saudi yg nota bene boneka amerika dan pengecut. bgt juga ulamanya diketiakin ama rajanya sebagai org yg mampu ngemban masalah umat.

  20. dj

    mujahid dialah musuh para penguasa dholim yang berani mengorbankan jiwa dan raga demi tegaknya agama allah dimuka bumi.. Sekarang telah goncang umat islam oleh kemunafikan umat.. Matinya orang syahid itu membangunkan ghirah islam bg yg berpikir..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s