Budaya Korupsi di Indonesia

Sungguh miris dengan budaya korupsi di negeri ini, dari kalangan bawah sampai kalangan atas rame-rame melakukan korupsi. Baru-baru ini ketua MK telah tertangkap melakukan korupsi padahal lembaga ini dulunya bersih dari korupsi.

Bukan kalangan atas yang korupsi bahkan kalangan bawah juga ikut korupsi. Ana pernah melihat seorang supir metromini yang tidak taat aturan menyogok petugas dishub. Sudah separah inikah korupsi di negeri ini?

Mental seorang koruptor sudah terlihat di kalangan rakyat jelata terutama para pedagang daging dan buah, mereka melakukan kecurangan dengan mengurangi timbangan. Belum lagi para pegawai negeri dan swasta mereka melakukan suap menyuap untuk mendapatkan pekerjaan.

Lalu sebenarnya apa penyebab budaya korupsi di negeri ini?

Jawabannaya adalah kerusakan akidah dan lemahnya iman. Banyak kaum muslimin yang lemah keyakinannya akan perjumpaan dengam Allah. Sehingga mereka lalai dan tidak takut melakukan korupsi. Seolah-olah perbuatan mereka tidak akan ditanya di hari
kiamat nanti.

Padahal Allah telah berfirman :

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

“Yang menguasai hari Pembalasan”. (Al Fatihah : 4)

Mayoritas kaum muslimin pasti hafal ayat ini karena selalu dibaca setiap sholat akan tetapi mereka tidak memahaminya. Mereka tidak merasa perbuatan mereka akan ditanya dan dibalas di hari kiamat nanti.

Lalu apa solusinya?

Solusinya adalah mempelajari tauhid karena dengan mempelajari tauhid seseorang akan tahu hak-hak Allah dan akan semakin mengenal Allah. Seseorang yang mendalami tauhid akan semakin bertaqwa dan semakin yakin akan perjumpaan dengan Allah.

Ada seorang ikhwan yang sudah mengenal tauhid, dia bekerja sebagai pegawai negeri di bagian keuangan. Baru hari pertama bekerja dia langsung shock karena banyak amplop yang berisi uang ratusan ribu. Di dalam amplop itu terdapat pesan meminta agar dananya duluan keluar. Setelah beberapa hari dia minta dipindahkan ke satpol PP karena tidak ingin terlibat praktek suap menyuap.

Itulah efek dari mempelajari tauhid dia memilih harta yang halal daripada harta yang haram. Marilah kita mempelajari tauhid dengan sungguh-sungguh agar kita mendapatkan kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat.

Wallahu’alam

Baca juga

Pengaruh tauhid dalam kehidupan pribadi dan masyarakat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s