Cara mudah menilai seseorang itu menyimpang

Di zaman yang penuh dengan fitnah ini banyak hal yang tersamarkan, yang haq dianggap batil dan yang batil dianggap sebagai yang haq. Banyak dai-dai yang mengaku sebagai dai ahlus sunnah atau dai salafy akan tetapi pada hakikatnya mereka bukan dai ahlus sunnah atau dai salafy.

Lalu bagaimanakah kita bisa menilai seseorang itu sebagai dai ahlus sunnah atau bukan?

Ada cara mudah dan sederhana menilai seseorang itu dai ahlus sunnah atau bukan yaitu dengan mengamalkan hadits dibawah ini

Rasulullah bersabda :

“Seseorang tergantung agama teman akrabnya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian memperhatikan siapa yang dijadikan sebagai teman akrab.” (HR. Abu Dawud dalam As-Sunan juz 2, hal. 293, At-Tirmidzi dalam As-Sunan juz 2, hal. 278, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak juz 4, hal. 171, dan Ahmad dalam Al-Musnad juz 2, hal. 303 dan 334 dari sahabat Abu Hurairah z. Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 927)

Cara menerapkannya adalah dengan mengikuti Imam Sufyan Ats Tsauri dibawah ini

Ketika Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri datang ke Kota Bashrah dan melihat posisi Ar-Rabi’ bin Shubaih yang tinggi di tengah umat, beliau pun menanyakan prinsip agamanya. Maka orang-orang menjawab: “Prinsip agamanya tidak lain adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.”

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri bertanya lagi: “Siapakah teman-teman dekatnya?” Mereka menjawab: “Orang-orang Qadariyyah (pengingkar takdir, pen.).”

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri pun berkata: “Kalau begitu dia adalah seorang qadari.” (Al-Ibanah karya Al-Imam Ibnu Baththah, 2/453)

Jadi jika ada seorang yang mengaku sebagai dai ahlus sunnah tapi memuji, membela atau berteman dekat dengan ahlul bid’ah baik dari kalangan khawarij, sufi, ikhwani, hizbi dan lain sebagainya maka kita bisa menilai bahwa orang ini mempunyai penyimpangan dalam aqidah dan manhajnya dan patut di waspadai.

Mudah bukan menilai seseorang itu menyimpang dan perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya untuk menilai bukan menvonis karena untuk memvonis butuh bimbingan dari ulama kecuali jika seseorang itu telah jelas dan nyata kesesatannya.

Baca juga :

Bahaya berteman dengan ahlul bid’ah

Satu pemikiran pada “Cara mudah menilai seseorang itu menyimpang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s