Bahaya dan dampak negatif facebook

Facebook merupakan media sosial yang sangat digemari oleh semua kalangan baik tua maupun muda pada saat ini. Media sosial yang satu ini begitu fenomenal di banyak negara termasuk di indonesia ini. Tapi tahukah anda bahwa dibalik fenomenalnya facebook ini ternyata menyimpan banyak bahaya dan dampak negatif.

Berikut ini beberapa bahaya dan dampak negatif facebook :
1. Pergaulan bebas

Di dalam facebook kita bebas bergaul dengan siapa saja baik yang kita kenal maupun yang tidak kenal, kepada selain jenis bahkan kepada penjahat dan penipu sekalipun. Padahal dalam islam pergaulan kepada selain jenis dilarang begitu juga kita harus berhati-hati dalam memilih teman. Banyaknya kasus-kasus penipuan juga disebabkan karena sembarangan memilih teman.

2. Berkata tanpa ilmu

Banyak para facebookers yang berkata tanpa ilmu dalam perkara agama di status dan komentar-komentar mereka. Padahal berkata tanpa ilmu dalam perkara agama adalah dosa yang sangat besar. Mereka berkata tentang agama hanya dengan logika dan perasaan tanpa disertai ilmu dan dalil yang kuat. Sungguh sangat berat pertanggung jawaban perkataan mereka di hadapan Allah nanti jika mereka mengetahui.

3. Debat kusir

Perdebatan merupakan hal yang biasa di facebook, hal yang sepele saja bisa menjadi perdebatan yang sengit apalagi masalah agama pasti akan ramai diperdebatkan. Banyak orang berdebat dalam masalah agama tanpa di dasari dengan ilmu. Sehingga terjadilah debat kusir yang membuang-buang waktu.

4. Maraknya fitnah syahwat

Foto-foto narsis para wanita tersebar luas di facebook. Mereka tanpa merasa berdosa mengumbar auratnya lewat foto-foto yang mereka upload. Belum lagi mudahnya seseorang mendapatkan konten pornografi dan melakukan kegiatan prostitusi lewat facebook.

5. Tersebarnya fitnah syubhat

Orang-orang yang menyimpang dari kalangan sufi, syiah, khawarij, IM dll telah menggunakan facebook untuk menyebarkan syubhat-syubhat mereka. Mereka dengan gencarnya menyebarkan syubhat-syubhat mereka kepada teman-teman facebooknya.Banyak orang awam yang termakan syubhatnya sehingga mereka mempunyai aqidah yang menyimpang.

Demikianlah beberapa bahaya dan dampak negatif facebook. Lalu apakah facebook tidak memiliki manfaat? Tentu saja facebook memiliki manfaat akan tetapi bahayanya jauh lebih besar dari manfaatnya. Karena itu marilah kita tinggalkan facebook dan mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat seperti menuntut ilmu agama atau beribadah kepada Allah.

Wallahu’alam

Iklan

Satu pemikiran pada “Bahaya dan dampak negatif facebook

  1. kary

    Semua karya cipta manusia yang telah di takdirkan ada oleh Alloh swt (termasuk Facebook) merupakan permainan dunia. Barang siapa mahkluk Alloh (manusia) bisa berfikir dengan akal dan hati di sertai khasanah ilmu yang diturunkan Alloh kepada utusan beliau Nabi Muhamad Saw.Facebook dipilih dan digunakan sesuai dengan tuntunan ilmu tersebut yakni jalan yang benar/lurus (QS Al-fatihah). Maka dialah manusia yang beruntung dunia-akherat.
    Pilihan mengunakan yang hanya didasari akal dan nafsu tanpa ilmu. Pastilah akan merugi di akherat. Untuk di dunia mungkin beruntung namun tiada kepuasan. ujungya nafsu tiada henti dunia saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s