Mengontrol diri

Berkata al-Hasan al-Bashri rahimahullah,

“Empat hal, jika menghiasi seseorang, niscaya Allah jaga dirinya dari setan dan Allah haramkan atasnya neraka. Siapa yang mampu mengontrol dirinya saat

✔senang,
✔takut,
✔bergejolak syahwat
✔dan marah.”

Al-Hafidh Ibnu Rajab menjelaskan, “Empat hal yang disebutkan al-Hasan adalah awal setiap kejelekan. Sebab
✔senang akan sesuatu berarti jiwa condong kepadanya, karena dia yakin akan memberinya manfaat. Sehingga, siapa saja yang senang terhadap sesuatu, kesenangannya akan mendorongnya untuk berjuang mendapatkannya dengan berbagai cara yang dia anggap bisa menjadi jalan meraihnya. Seringnya cara yang ditempuh haram. Seringnya pula kesenangannya juga haram.

✔Dan apabila seseorang takut dari sesuatu, dia akan menggunakan segala cara yang dia anggap bisa mencegah diri darinya. Seringnya, cara yang digunakan haram.

✔Dan syahwat adalah condongnya jiwa kepada hal yang dia sukai dan bernikmat-nikmat dengannya. Aglabnya kecondongannya kepada hal yang haram, seperti zina, mencuri, minum khamer, bahkan sampai pada tingkat kekufuran, sihir, kemunafikan dan kebidahan.

✔Dan amarah adalah mendidihnya darah qalbu karena ingin melawan si zalim saat takut dizalimi atau ingin membalas dendam saat setelah dizalimi. Dari situ bermunculan perbuatan haram, seperti pembunuhan, pemukulan serta perbuatan zalim dan semena-mena. Juga muncul darinya ucapan haram, seperti menuduh, mencaci, kata kotor, bahkan naik hingga derajat kekufuran.

<>

Sumber : WhatsApp Thullab Fuyusy

Iklan

2 pemikiran pada “Mengontrol diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s