Hukum Fotografi

(Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz)

Soal: Apa pendapat antum tentang seseorang yang mengatakan bahwa gambar fotografi seorang manusia boleh. Yang haram apabila menggunakan tangan. Dan apa nasihat antum untuk akhwat yang memberanikan diri berfatwa tanpa ilmu?

Jawab: Gambar tidak boleh, pakai tangan ataupun tombol. Semuanya munkar. Padahal Rasul shallallahu alaihi wasallam melaknat para penggambar, beliau bersabda, “Manusia terpedih azabnya di hari kiamat adalah tukang gambar.” Beliau juga bersabda, “Semua tukang gambar di neraka.”

Tukang gambar akan diazab di neraka karena gambar yang pernah dia buat, bagaimana pun jenisnya.

Dan saat Nabi melihat gambar pada kain Aisyah, beliau menggenggamnya lantas merobeknya, “Sungguh yang menggambar ini akan diazab di hari kiamat. Dan dikatakan padanya, ‘Hidupkan apa yang telah kamu ciptakan!”

Maka yang wajib atas setiap muslim untuk menghindarkan diri dari gambar. Karena telah datang dari Nabi bahwa beliau melaknat pemakan riba dan yang diwakilkannya, tukang gambar dan orang yang bertato serta tukang bikin tato.

Artinya waspada dari perkara ini, memakan riba, tato dan gambar makhluk bernyawa. Seperti gambar merpati, ayam, onta, manusia, burung atau selainnya yang bernyawa. Tidak boleh menggambarnya, tidak pada kertas, kain, kosen atau selainnya. Atau menjadikannya berbentuk (patung), juga tidak boleh.

Dan berhati-hati juga dari berfatwa tanpa ilmu, laki-laki maupun perempuan, seluruhnya. Wajib atas setiap insan untuk bertakwa kepada Allah. Dan wajib atas seorang perempuan untuk bertakwa kepada Allah. Jangan ada diantara keduanya yang berfatwa kecuali dengan ilmu. Tidak boleh berbicara tentang Allah tanpa ilmu. Yang wajib atas setiap muslim untuk berhati-hati darinya. Karena fatwa tanpa ilmu dampaknya sangat besar. Yang wajib atas setiap mukmin untuk berhati-hati dari yang demikian. Jangan berfatwa kecuali dengan ilmu dan beristighfarlah dari apa yang sudah terjadi.

<>

Sumber : WA SLN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s