Tidak semua orang yang mengaku salafy itu adalah salafy

Syeikh Sholeh ibn Fauzan, Hafidzahullah.

Berkata:

“Tidak setiap yang mengaku salafy,dia adalah seorang salafy.

Terkadang ada yang mereka mengaku bahwasannya mereka adalah salafiy,padahal sesungguhnya pada kenyataannya mereka bukanlah orang-orang bermanhajkan salaf, akan tetapi mereka adalah segolongan orang-orang yang bodoh,yang mana mereka tidak mengetahui hakekat manhaj salaf yang sebenarnya.

Dan terkadang ada juga yang mereka itu mengaku bahwa mereka adalah orang-orang yang bermanhaj salaf, padahal sebenarnya mereka adalah segolongan orang-orang yang hanya membuat kerusakan,yang mana mereka itu adalah orang-orang yang bermanhajkan dengan manhaj khowarij, yang mereka menghalalkan darah kaum muslimin dan selalu membuat kerusakan dimuka bumi.

Dan terkadang ada juga yang mereka mengaku bahwasannya mereka adalah orang-orang yang bermanhajkan salaf, akan tetapi kenyataannya mereka adalah orang-orang yang tidak pernah mau mengambil ilmu dari ulama-ulama salaf, melainkan mereka hanya mengambil ilmu dari kitab-kitab semata, atau hanya dari membahas,atau mereka hanya mengandalkan hapalan semata dan mereka akan memahaminya dengan pemahaman mereka sendiri, yang mana ini bertolak belakang dengan firman allahu subhanahu wata’ala dal al _qur’an:

{والسابقون الأولون من المحاجرين والأنصار والذين اتبعوهم بإحسان}[التوبة100]
“Dan orang-orang yang lebih dahulu masuk islam dari kalangan muhajirin dan juga ansor dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik”

Yaitu= yang mereka(para ulama’) selalu meniti jejak salaf, dan itu tidak akan terealisasikan kecuali dengan adanya ilmu dan juga amal dengan prinsip salaf.

’Maka ketahuilah wahai saudaraku,,,
Bahwa bahaya daripada mereka-meraka yang mengaku-ngaku bermanhajkan dengan manhaj salaf, adalah bahaya yang sangat besar atas agama dan juga sunnah.

“Dan mereka telah menyisipkan kedalam agama berbagai macam kebid’ahan dan hawa nafsu beratas namakan salafiyah, yang mana slafiyyah berlepas diri dari semua itu, yang mana semua itu adalah suatu yang bukan dari manhaj salaf.

Dan dengan atas dasar pengakuan bermanhaj salaf ini mereka telah banyak memalingkan para pemuda dan masyarakat yang lainnya kedalam pemalingan syariah.
Dan mereka menjadikan kaum muslimin lari dari manhaj salaf yang sesungguhnya dan menjadikan mereka terjatuh kedalam kebid’ahan.
dan mereka menanamkan pemikiran-pemikiran pengkafiran dan memerangi kaum-kaum muslimin atas nama salafiyyah, dan salafiyyah berlepas diri dari pemikiran-pemikiran mereka dan pemberontakan mereka.

Maka ketahuilah,bahwa bahaya mereka bagi islam dan juga umatnya, lebih berbahaya dibandingkan musuh-musuh kaum muslimin itu sendiri, karena sesungguhnya mereka merusak agama islam dam kaum muslimin dari dalam barisan kaum mualimin, dan itu lebih berbahaya daripada musuh yang menyerang dari luar.

Berkata, Ibnu Al_Jauzi dalam kitab “AL_MAUDUAAT” :

((قال أبو الوفاء علي بن عقيل الفقيه:قال شيخنا أبو الفضل الهمداني:مبتدعة الإسلام والواضعون للأحاديث أشد من الملحدين،لأن الملحدين قصدوا إفساد الدين من خارج،وهؤلاء قصدوا إفساده من داخل،فهم كأهل بلد سعوا في إفساد أحواله،والملحدون كالحاضرين خارج،فالدخلاء يفتحون الحصن،فهم شر على الإسلام من غير الملابسين له ))

“Telah berkata Abu Alwafa’ Ali Ibn Aqil al’faqih: Telah berkata guru kami Abu Fadhl Alhamdani :orang-orang yang mengada-adakan didalam Islam dan yang memalsukan hadits-hadits lebih berbahaya dari pada mulhidun,karna para mulhiddun bermaksud merusak agama dari luar, sedangkan mereka bermaksud merusak agama dari dalam, mereka ibarat penduduk suatu negeri yang berusaha merusak negeri tersebut dengan merusak keadaannya, sedangkan para mulhidun seperti orang-orang yang hadir dari luar yang ingin merusak, dan pra perusak dari dalam akan membukakan benteng-benteng pertahan dari dalam.maka mereka lebih berbahaya bagi Islam daripada orang yang secara terang-terangan memusuhi Islam.

Sumber:
Kitab,
Hakekat Al_Manhaj As_salafy.

~Abu Abdillah Munawwir Al_Maidany~

Sumber : WA thullab fyusy & SLN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s