Keutamaan bersedekah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam berkata:

“Ada seorang laki-laki berkata: “Aku pasti akan bershadaqah”.
Lalu dia keluar dengan membawa shadaqahnya dan ternyata jatuh ketangan seorang pencuri[1]. Keesokan paginya orang-orang ramai membicarakan bahwa dia telah memberikan shadaqahnya kepada seorang pencuri. Mendengar hal itu orang itu berkata: “Ya Allah segala puji bagi-Mu[2], aku pasti akan bershadaqah lagi”.

Kemudian dia keluar dengan membawa shadaqahnya lalu ternyata jatuh ketangan seorang pezina. Keesokan paginya orang-orang ramai membicarakan bahwa dia tadi malam memberikan shadaqahnya kepada seorang pezina. Maka orang itu berkata, lagi: “Ya Allah segala puji bagiMu, (ternyata shadaqahku jatuh) kepada seorang pezina, aku pasti akan bershadaqah lagi”.

Kemudian dia keluar lagi dengan membawa shadaqahnya lalu ternyata jatuh ketangan seorang yang kaya. Keesokan paginya orang-orang kembali ramai membicarakan bahwa dia memberikan shadaqahnya kepada seorang yang kaya. Maka orang itu berkata: “Ya Allah segala puji bagi-Mu, (ternyata shadaqahku jatuh) kepada seorang pencuri, pezina, dan orang kaya”.

Setelah itu orang tadi bermimpi dan dikatakan padanya: “Adapun shadaqah kamu kepada pencuri, mudah-mudahan dapat mencegah si pencuri dari perbuatannya, sedangkan shadaqah kamu kepada pezina, mudah-mudahan dapat mencegahnya berbuat zina kembali dan shadaqah kamu kepada orang yang kaya mudah-mudahan dapat memberikan pelajaran baginya agar menginfaqkan harta yang diberikan Allah kepadanya”.

Sumber: Shahih al-Bukhari [1421] dan Shahih Muslim [1022]
===================
[1] yakni dia tidak mengetahui bahwasanya orang yang dishadaqahi adalah pencuri.
[2] yakni: bukan untukku dikarenakan shadaqahku jatuh ketangan orang yang tidak berhak menerimanya, maka segala puji bagi-Mu dimana hal tersebut dengan kehendak-Mu bukan dengan kehendakku karena kehendak Allah semuanya baik.    

Alih Bahasa: Ummu ‘Ubaidah Ruqayyah bintu Jamal Djohar Al Ambuniyah_18 Dzulhijjah 1435/11 Oktober 2014_di Daarul Hadits Al Fiyusy_Harasahallah.

Sumber : WA. FORUM KIS 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s