Cara Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol darah memang harus diperhatikan, karena kelebihan kolesterol darah banyak memicu penyakit serius seperti penyakit jantung koroner, stroke, dlsb…

Berikut adalah data-data penelitian yang pernah dilakukan untuk meneliti efek Habbatussauda terhadap kadar kolesterol di dalam darah: Riset dengan judul “Effect of Oral Ingestion of Nigella sativa Seeds on Some Blood Parameters” yang dimuat di Saudi Pharmaceutical Journal Vol.5, No.2-3, April-July 1997 memberikan informasi berharga perihal aktifitas hipokolesterolemik dari habbatussauda.

Penelitian tersebut meneliti penggunaan biji Habbatussauda dengan dosis 1 gram diminum pagi dan 1 gram diminum sore hari selama dua minggu. Habbatussauda diberikan kepada sukarelawan pelajar berusia remaja. Dalam penelitian ini ada kelompok control yang diberi kapsul berisi gula merah.

Hasil riset menunjukkan pemberian biji Habbatussauda dengan dosis 2 kali sehari @ 1 gram memberikan  efek penurunan kadar cholesterol darah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok control yang diberi gula merah.

Penelitian dengan judul “Effect of Prophetic Medicine Kalonji (Nigella sativa L.) on Lipid Profile of Human Beings: An In Vivo Approach”, dimuat di World Applied Sciences Journal 6(8): 1053-1057 tahun 2009.

Riset ini mempelajari efek penggunaan Habbatussauda dalam mempengaruhi profil lemak di dalam tubuh manusia. Setelah dilakukan pemberian Habbatussauda dengan dosis 1 gram sehari selama dua bulan pada sepuluh penderita hiperkolesterolemia, dimana Habbatussauda diminum pagi sebelum sarapan, didapatkan hasil penurunan kadar total kolesterol dan LDL kolesterol secara signifikan. Dan juga kenaikan kadar HDL kolesterol yang juga sangat signifikan, dimana di dalam risetnya disebut sebagai “Highly significant”. Insyaa Allah dengan konsumsi rutin habbatussauda, dan juga akan lebih bagus lagi jika dikombinasi dengan zaitun, maka  kadar kolesterol menjadi normal. Demikian, semoga bermanfaat.

Penulis : dr. Insan

Sumber : WA Info Sehat Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s