Mengenal Asam Urat

Penyakit Rematik ada beberapa jenis. Salah satunya asam urat. Dalam keseharian bekerja, penulis sering menemui persepsi yang keliru di masyarakat tentang asam urat. Ada persepsi bahwa nyeri atau ngilu sendi berarti asam urat. Perlu diketahui bahwa tidak semua nyeri sendi adalah asam urat. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan tambahan berupa laboratorium ataupun foto ronsen.
Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada sel-sel tubuh. Secara alamiah purin ada dalam tubuh kita dan juga pada semua makanan dari sel hidup baik itu nabati seperti tanaman( sayur, buah, kacang-kacangan) ataupun hewani seperti ( daging, ikan, jeroan).

Asam Urat atau dokter menyebutnya Atritis Gout adalah penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat di dalam darah lebih dari normal dimana kelebihan asam urat ini mengumpul di sekitar sendi dan mengakibatkan peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit. Sering terjadi pada pria daripada wanita karena hormon estrogen pada wanita menyebabkan mereka lebih sering terkena asam urat setelah mereka mengalami menopause.

GEJALA ASAM URAT

– Sendi terasa nyeri, ngilu, bahkan membengkak dan berwarna kemerahan.
– Sendi terasa nyeri pada malam hari atau saat pagi setelah bangun tidur.
– Yang terkena biasanya jari kaki, jari tangan, siku, lutut, tumit, dan pergelangan tangan.
– Sendi nyeri ketika dibuat bergerak.

Untuk memastikan biasanya dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah dimana untuk Ikhwan 3.5-7 mg/ dl dan Akhwat 2.6-6 mg/ dl. Nilai ini bisa berbeda di tiap fasilitas laboratorium. Pada beberapa kasus kadang perlu di foto ronsen.

PANTANGAN ASAM URAT

Penyebab peningkatan asam urat selain karena asupan makanan tinggi purin bisa juga disebabkan penyakit lainnya misal hipertensi dan kencing manis atau penggunaan obat tertentu.
Berikut makanan tinggi purin ataupun yang menyebabkan peningkatan asam urat disingkat JASBUKET

Jerohan
Alkohol
Sarden
Burung dara
Unggas
Kaldu
Emping Melinjo
Tape

Makanan di atas bukan sebagai pembatasan. Bisa jadi ada pasien yang menderita asam urat karena banyak makan sayur bayam atau kangkung.

PENGOBATAN

Sebaiknya berobat ke praktisi medis untuk terapi lebih lanjut.
Untuk sementara bisa dengan pantang makanan JASBUKET dan banyak minum air putih. Selain itu juga dianjurkan makan makanan yang banyak mengandung potasium( kalium) seperti kentang, yogurt dan pisang. Juga makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya dan strawberry.

Ditulis oleh dr. Rahadian WS
Bumi Malang Raya, 13 Rabiul Awal 1436 H/ 4 Januari 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s