Gizi untuk anak balita

بسم الله الرحمن الرحيم

Penulis :
Kori Titi Angesti, S.Gz
Tri Astuti Septiani, S.Gz

Otak selalu dikaitkan dengan kecerdasan saja. Padahal sesungguhnya otak juga menyimpan banyak potensi lain yg menentukan kualitas kepribadian seseorang, yang nantinya menjadi bekal untuk menjalani kehidupan. Karena itu sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara membekali diri dalam segala hal tentang proses tumbuh kembang otak anak dan zat-zat gizi apa saja yg ikut menunjang  pertumbuhan dan perkembangan otak.

Adapun yang perlu diketahui, yaitu:

1. Makanan penting buat janin

Proses tumbuh kembang otak yang pesat terjadi pada saat janin berada dalam kandungan, dan dilanjutkan selama dua tahun pertama sejak lahir. Pertumnuhan dan perkembangannya yang tercepat terjadi pada trimester terakhir masa kehamilan. Itu sebabnya trimester ke3 ini menjadi penting. Inilah berbagai zat gizi yang berperan dalam perkembangan otak janin.

Asam lemak omega 3

Dikenal juga dengan asam alpha linolenat yg banyak terdapat di dalam sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli dan daun selada. Dalam jumlah kecil, dapat diperoleh dari beberapa jenis minyak biji2an, unggas dan lemak daging. Pada bayi, asam lemak ini berperan pada perkembangan sel saraf, otak dan indera penglihatan.

Asam lemak omega 6

Senyawa ini banyak terdapat pada bahan makanan nabati dan aneka produk olahannya, seperti minyak kedelai dan minyak bunga matahari. Asam lemak omega 6 bersama dengan DHA ( asam lemak omega 3) terbukti ikut membantu proses perkembangan otak bayi.

Asam lemak omega 3 (DHA) dan asam lemak omega 6 (AA)

Sekitar 60% otak manusia terdiri dari lemak, seperti DHA dan AA yang merupakan lemak dominan penyusun sel sel saraf dan otak janin. Saat di dalam kandungan, kebutuhan asam lemak omega 3 diperoleh janin dari darah ibu melalui plasenta. Kebutuhan DHA di otak kecil dan otak besar meningkat3 kali lipat selama trimester terakhir. Asam lemak esensial yag diperoleh dari darah ibu inilah yang digunakan untuk membangun sel sel otak dan juga retina. Kekurangan DHA bisa menurunkan daya ingat, penglihatan dan menurunkan kekebalan tubuh. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA dan ARA seperti kacang kedelai, tahu, telur dan daging.

Makanan pilihan untuk ibu hamil perlu diperhatikan karena proses perkembangan otak janin membutuhkan berbagai zat gizi agar dapat berlangsung secara optimal. Zat-zat gizi tersebut diperoleh dari berbagai sumber bahan makanan, seperti:

Daging sapi

Daging sapi merupakan bahan makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral tinggi. Vitamin dan mineral di dalam daging sapi antara lain vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), zat besi, kalsium, dan fosfor. Vitamin B1 membantu metabolisme energi, menjaga kesehatan otak, sel sel saraf, serta fungsi jantung.

Daging ayam

Daging Ayam merupakan protein yang berkualitas tinggi dan mengandung hampir semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam juga mengandung lemak, vitamin, mineral dan air. Kandungan lemaknya bervariasi. Semakin tua usia ayam, kadar lemaknya semakin tinggi. Selain itu, kadar lemak ayam betina jauh lebih tinggi darpada ayam jantan.

Ikan
  
Ikan memiliki kandungan protein bermutu tinggi. Juga mengandung zat besi, yodium, kalsium, fosfor, selenium, dan seng. Zat besi pada ikan judah diserap sehingga membantu pembentukan sel sel darah merah. Ikan laut mengandung dua jenis asam lemak yang sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang janin, yaitu DHA dan EPA yang merupakan turunan dari DHA. Kedua jenis asam lemak ini berperan besar dalam membantu perkembang sel-sel otak dan saraf janin. Jenis ikannya yaitu ikan laut seperti salmon, sarden, makarel,ntenggiri, kembung dan layang, dan jenis ikan air tawar yaitu ikan tawas.

Hati sapi/ayam

Hati mengandung zat gizi pembangun sel, pengatur proses metabolisme dan daya tahan tubuh, serta merupakan sumber fosfor, natrium, kalsium, dan zat besi dengan kadar cukup tinggi dan sumber vitamin A yang sifatnya sudah siap pakai.

Telur

Telur mengandung protein lemak, air, mineral dan vitamin. Kuning telur lebih lengkap kandungan zat gizinya dibandingkan putih telur. Putih telur hampir murni mengandung protein. Kualitas protein bahan makanan ditentukan oleh komposisi asam amino dan kemudahannya dicerna, dan telur memiliki kedua hal ini dengan sempurna.

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA dalam jumlah besar. Asam lemak ini akan dtransfer ibu hamil ke janin untuk kebutuhan tumbuh kembang otak. Minyak ikan juga mengandung vitamin larut lemak yaitu A dan D dalam jumlah yang besar.

Demikian para ibu, sebenarnya masih banyak   pembahasan mengenai makanan bergizi sebagai bekal otak anak in syaa Allah pekan depan kami bahas kembali.

Bersambung pekan depan in syaa Allah……..

و الله اعلم باالصواب

Tim gizi Bikum

Iklan

Satu pemikiran pada “Gizi untuk anak balita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s