Jenis-jenis Anak

باسم الله…

Anak itu ada lima macam :

Yang pertama : yang tidak mau melaksanakan apa yang diperintahkan oleh orangtuanya,maka inilah anak durhaka.

Kedua :  yang mau melaksanakan perintah orangtua akan tetapi dalam keadaan terpaksa,maka yang seperti ini tidak mendapat pahala.

Ketiga : yang melaksanakan apa yang diperintahkan orangtua dalam keadaan menyebut-menyebut dan menyinggung perasaan orangtua,menggerutu dan mengangkat suara. Maka yang seperti ini akan mendapatkan dosa.

Keempat : yang melaksanakan apa yang diperintahkan orangtua dengan kerelaan hati (senang hati),maka inilah yang akan mendapatkan pahala dan yang seperti mereka ini sedikit.

Kelima :  yang melaksanakan apa yang diinginkan orangtua sebelum mereka memerintahkannya,maka yang seperti inilah anak yang berbakti dan yang mendapat taufiq,dan mereka ini sangatlah jarang.

Dan kedua jenis terakhir inilah yang jangan engkau tanyakan tentang barokahnya umur mereka dan luasnya  izki mereka,dan lapangnya hati-hati mereka,dan dimudahkannya urusan-urusan mereka. Itulah keutamaan yang Allah berikan bagi siapa saja yang Dia kehendaki,sesungguhnya Allah lah pemilik anugerah yang agung.

Faedah dari situs resmi Syaikh Muhammad bin Umar Baazmool -hafdzahullah-

Tambahan : Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ، وَيُنْسَاَ لَهُ فِيْ أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ

“Barangsiapa yang suka untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi.” (HR.Bukhori)

Menyambung tali silaturrahmi adalah menyambung hubungan dengan orang-orang yang masih memiliki hubungan kekerabatan (nasab) dengan kita. Seperti kedua orang tua termasuk kakek dan nenek,anak,saudara,keponakan,paman,bibi,sepupu,dst.

Dan kerabat kita yang paling dekat adalah kedua orangtua. Maka apabila kita menginginkan berbagai keutamaan/pahala silaturrahmi maka yang paling pertama untuk kita lakukan adalah dengan menyambung kekerabatan dengan kerabat kita yang paling dekat yaitu kedua orangtua. Menyambung silaturrahmi dengan mematuhi perintahnya, mengajaknya bermusyawarah dalam berbagai urusan, memperhatikan keadaannya, mengunjunginya dan berlaku baik kepada keduanya.  Wallahul muwaffiq.

Semoga kita termasuk kedalam dua golongan yang terakhir,golongan yang berbakti kepada kedua orangtua dan yang diberi taufiq. Amiin…

Penulis : ummu hudzaifah as samarindiyyah -Allahu yuwaffiquhaa-

ash shalihah
WA KHAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s