Manfaat Jahe Merah

Mengenal lebih dekat jahe merah

Di negara kita Indonesia jahe sudah lama digunakan masyarakat sebagai rempah dan obat tradisional.  Di negara kita ada dua jenis jahe yaitu jahe putih dan jahe merah.  Jahe putih berimpang kecil disebut jahe emprit., sedangkan yang berimpang besar disebut jahe badak atau gajah. Sedangkan jahe merah karena memang warnanya yang kemerahan.

Kita akan membicarakan jahe merah karena kandungan zat kimia di dalamnya yang bersifat obat yaitu minyak atsiri dan ole
oresin lebih tinggi dibanding jahe putih sehingga insya Allah lebih bagus dalam mengobati penyakit.
Jahe merah mengandung zat fenol(gingerol dan shogaol) yang bersifat antioksidan yang bahkan lebih bagus daripada vitamin E.

Manfaat bagi kesehatan

1. Sebagai analgetik atau anti nyeri. Sebuah penelitian terbatas pada atlet sepak takraw,  jahe merah terbukti mengurangi nyeri otot dibanding placebo.

2. Antiinflamasi atau anti radang. Sebuah penelitian terbatas pada pasien rawat jalan poli rematik, jahe merah terbukti efektif sebagai pengganti obat antiradang bukan steroid pada pasien rematik.

3. Anti emetik/mual dan anti mabuk. Pada penelitian di luar negeri jahe merah terbukti bermanfaat untuk mengurangi mual dan mabuk bahkan mual pada ibu hamil.

4. Imunostimulator. Pada penelitian yang dilakukan oleh IPB,  Jahe merah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Aprodisiak. Penelitian terbatas pada hewan coba tikus,  jahe merah meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan kesuburan.

6. Menurunkan kolesterol. Penelitian  luar negeri  membuktikan jahe merah dapat menurunkan kolesterol.

Peringatan

1. Hati-hati bagi wanita hamil dan maag. hendaknya mengurangi dosis jika mengkonsumsi jahe merah.

2. Hati hati bagi anda yang akan menjalani operasi. Sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe merah seminggu sebelum operasi jika anda biasanya rutin mengkonsumsi.

3. Hati-hati jika sedang mengkonsumsi obat kimia Atau herbal lainnya , sebaiknya  stop dulu konsumsi jahe merah kecuali atas petunjuk dokter atau herbalis.
Sumber : WA INKES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s