Manfaat ilmu tidak akan hilang

قال ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺻﺎﻟﺢ ﺑﻦ ﻓﻮﺯﺍﻥ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ حفظه الله:

ﻭﺫﻟﻚ ﺑﺄﻥ ﻳﻘﻮﻡ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻪ ﺑﺘﻌﻠﻴﻢ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻣﻮﺭ ﺩﻳﻨﻬﻢ، ﻭﻫﺬﺍ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻗﺎﻣﻮﺍ ﺑﻨﺸﺮ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺎﻟﺘﻌﻠﻴﻢ ﻭﺗﺄﻟﻴﻒ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﻭﻧﺴﺨﻬﺎ. ﻭﺑﺈﻣﻜﺎﻥ ﺍﻟﻌﺎﻣﻲ ﺃﻳﻀﺎً ﺃﻥ ﻳﺸﺎﺭﻙ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺑﻄﺒﻊ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﺍﻟﻨﺎﻓﻌﺔ ﺃﻭ ﺷﺮﺍﺋﻬﺎ ﻭﺗﻮﺯﻳﻌﻬﺎ ﺃﻭ ﻭﻗﻔﻬﺎ، ﻭﺷﺮﺍﺀ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ ﻭﺗﻮﺯﻳﻌﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺟﻴﻦ ﺃﻭ ﺟﻌﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ، ﻭﻫﺬﺍ ﻓﻴﻪ ﺣﺚ ﻋﻠﻰ ﺗﻌﻠﻢ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺗﻌﻠﻴﻤﻪ ﻭﻧﺸﺮﻩ ﻭﻧﺸﺮ ﻛﺘﺒﻪ ﻟﻴﻨﺘﻔﻊ ﺑﺬﻟﻚ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻪ ﻭﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻪ.

ﻭﺍﻟﻌﻠﻢ ﻳﺒﻘﻰ ﻧﻔﻌﻪ ﻣﺎ ﺩﺍﻡ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﺻﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﻠﻢ، ﻓﻜﻢ ﻣﻦ ﻋﺎﻟﻢ ﻣﺎﺕ ﻣﻦ ﻣﺌﺎﺕ ﺍﻟﺴﻨﻴﻦ ﻭﻋﻠﻤﻪ ﺑﺎﻕ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﺘﻲ ﺃﻟﻔﻬﺎ ﻭﺗﺪﺍﻭﻟﻬﺎ ﺍﻷﺟﻴﺎﻝ ﺗﻠﻮ ﺍﻷﺟﻴﺎﻝ ﻣﻦ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻃﻼﺑﻪ ﻭﻃﻼﺏ ﻃﻼﺑﻪ. ﻭﻛﻠﻤﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﺩﻋﻮﺍ ﻟﻪ ﻭﺗﺮﺣﻤﻮﺍ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﺫﻟﻚ ﻓﻀﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺆﺗﻴﻪ ﻣﻦ ﻳﺸﺎﺀ . ﻭﻛﻢ ﺃﻧﻘﺬ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻌﺎﻟﻢ ﻣﺼﻠﺢ ﺃﺟﻴﺎﻻً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﻼﻟﺔ، ﻭﻧﺎﻟﻪ ﻣﺜﻞ ﺃﺟﻮﺭ ﻣﻦ ﺗﺒﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=47910

Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan hafizhahullah berkata:

“Hal ini (yakni ilmu yang bermanfaat) bisa dilakukan dengan cara seseorang mengajarkan ilmu kepada manusia perkara-perkara agama mereka. Ini khusus bagi para ulama yang menyebarkan ilmu dengan cara mengajar, mengarang dan menuliskannya. Orang yang awam juga bisa melakukannya dengan cara ikut serta di dalamnya berupa mencetak kitab-kitab yang bermanfaat atau membelinya lalu menyebarkannya atau mewakafkannya. Juga membeli mushaf lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan atau meletakkannya di masjid-masjid. Hal ini menganjurkan kita untuk mempelajari ilmu dan mengajarkannya, menyiarkannya dan menyebarluaskan kitab-kitabnya agar bisa mengambil manfaat sebelum dan sesudah kematian dia.

Manfaat ilmu akan tetap ada selama di permukaan bumi ini masih ada seorang muslim yang sampai kepadanya ilmu tersebut. Berapa banyak ulama yang meninggal semenjak ratusan tahun yang lalu tetapi ilmunya masih ada dan dimanfaatkan melalui kitab-kitab yang telah dikarangnya lalu dipakai dari generasi ke generasi sesudahnya dengan perantara para muridnya kemudian para pencari ilmu setelah mereka. Dan setiap kali kaum muslimin menyebutkan nama dia, mereka selalu mendoakan kebaikan dan mendoakan agar Allah merahmati dia. Ini adalah fadhilah (keutamaan dan karunia) dari Allah yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki Nya. Berapa banyak generasi yang diselamatkan Allah dari kesesatan dengan jasa seorang ulama, maka ulama itu mendapatkan seperti pahala orang yang mengikutinya sampai hari kiamat”.

――――――――――――

Admin

Sumber : WhatsApp ‘Allamaniy Diniy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s