Siapkan Stamina Untuk Mudik Lebaran

HARI Raya Idul Fitri kurang beberapa hari lagi, beberapa dari Anda tentunya sudah bersiap-siap atau bahkan tengah berada dlm perjalanan pulang ke kampung halaman. Namun jangan hanya mempersiapkan barang apa saja yg akan dioleh-olehkan kepada para kerabat, tapi utamakan juga fisik Anda agar dapat menempuh perjalanan mudik dengan stamina sehat. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, kegiatan mudik pastinya akan menghabiskan energi Anda. Maka itu, berikut beberapa tips yg dapat Anda lakukan dlm mempersiapkan fisik supaya badan fit dan segar sehingga mudik pun berjalan lancar.

1. Cukup tidur Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda tidur dahulu selama 6-8 jam. Dengan cukup tidur, tenaga akan terhimpun supaya badan tak lemas selama perjalanan, terlebih bagi Anda yg mengemudi. Sebagai penumpang, kita dapat memanfaatkan waktu dengan tidur selama perjalanan. Namun, perhatikan posisi tidur supaya tak kesemutan sebab salah posisi tidur. Jangan tidur dengan meletakkan tangan di belakang kepala atau tertidur sambil duduk dengan posisi ketiak di sandaran kursi. Hindari juga duduk di kursi dengan menyilangkan kaki terlalu lama.

2. Cukup makan Mudik tentunya dilakukan ketika Ramadan saat kita berpuasa. Maka itu, hendaknya kita mempersiapkan diri dengan makan sahur dengan jumlah cukup. Pilihlah makanan yg mengandung karbohidrat dan protein tinggi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Makan juga sayur dan buah sebab sangat baik buat pencernaan. Guna mencegah terjadinya perut kembung, hindari makanan seperti buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur. Kunyah makanan dengan perlahan buat memudahkan proses pencernaan sehingga tak terjadi pembentukan gas akibat proses fermentasi. Atau, minum teh jahe setelah makan sebab dapat merangsang proses pencernaan makanan sehingga tak terlalu lama berada di dlm usus kecil yg dapat memicu terbentuknya gas.

3. Mengonsumsi suplemen Selain makanan bergizi, dianjurkan pula buat mengonsumsi suplemen sebagai tambahan. Pilihlah suplemen dari bahan alami seperti habbatussauda dan madu. Hindari suplemen yg mengandung kafein sebab hanya akan memberi kesegaran badan sesaat. Namun, ingatlah suplemen hanya bersifat sebagai tambahan maka jangan lupa buat mengonsumsi makanan bervitamin seperti sayur dan buah.

4. Bawa bekal Untuk menempuh perjalanan jauh dan lama, persiapkan bekal makanan dan minuman. Dengan menyiapkan bekal, kita tak perlu kesusahan membeli makanan atau minuman di jalan. Selain lebih bersih dan sehat, bekal makanan dari rumah jelas sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita masing-masing. Hindari membawa makanan yg mudah rusak atau basi supaya tak mengalami keracunan makanan. Bawa pula air dlm jumlah yg cukup buat menghindari dehidrasi.

5. Bawa obat-obatan

Sumber : MEDIA HERBAL

Iklan

2 pemikiran pada “Siapkan Stamina Untuk Mudik Lebaran

  1. Bukannya mudik itu Bid’ah dan guru Anda syaikh Fauzan bilang, pelaku bid’ah itu azabnya lebih sadis dari pelaku maksiat.
    – Kok sekarang ngomongin tips mudik?? Anda mau kasih tips bagi para pelaku bid’ah itu?
    Gimana sih Anda ini… Nggak konsisten dengan pendapatnya sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s