Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Apakah Anda sedang sakit gigi?
Penyakit yang membuat sakit hampir-hampir di seluruh tubuh adalah sakit gigi. Penyakit ini membuat kita menjadi sangat merasakan sakit hingga terkadang juga membuat rasa sakit kepala menyerang.

Sakit gigi ini biasanya di sebabkan karena beberapa faktor yang sering memicu terserang penyakit gigi tersebut.

Adapun penyebab sakit gigi yang sering di rasakan adalah seringnya mengkonsumsi makanan manis sehingga tertinggal di gigi, gigi yang rusak karena kecelakaan, gusi bengkak atau gusi berdarah dan lain sebagainya.

Sakit gigi yang amat sangat biasanya sering sekali di rasakan pada malam hari dan tidak memungkinkan kita untuk mengunjungi dokter pada saat itu.

Untuk itu ada baiknya jika Anda melakukan pertolongan pertama berikut ini :

1. Bersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi secara merata ke seluruh bagian. Apabila gigi Anda termasuk gigi yang sensitif maka pilihlah pasta gigi untuk gigi sensitif dan gunakan setiap hari.

Tujuannya agar tidak terjadi sakit gigi di kemudian hari.

2. Ambil air hangat yang di tambahkan dengan garam. Apabila Anda menggunakan garam kasar maka sebaiknya di saring terlebih dahulu.

Setelah di rasa siap silahkan untuk berkumur-kumur dengan menggunakan air garam tersebut .
Akan lebih terasa khasiatnya jika Anda tahan air garam tersebut tepat di gigi yang sakit.

Lakukan beberapa kali agar gigi terasa manfaatnya dan juga kuman (bakteri dan jamur) yang ada di dalam gigi menjadi hilang.
Banyak sekali yang telah membuktikan bahwa cara ini sangat ampuh di gunakan untuk mengobati gigi yang sakit.

Setelah melakukan pertolongan pertama apabila merasakan sakit gigi maka ada baiknya jika Anda menghindari beberapa makanan yang membuat gigi menjadi sakit kembali.

Adapun contoh makanan yang perlu dihindari misalnya saja makanan manis, dingin seperti es dan juga makanan yang memiliki tekstur terlalu keras.

Selain itu jika anda memiliki gigi berlubang, ahsan hindari makanan yang mengadung biji cabe. Karena sering kali biji cabe ini masuk ke lubang gigi dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat, apalagi jika biji cabe ini tersangkut dalam lubang gigi dan sulit dikeluarkan.

In sya Allah dengan cara seperti ini maka Anda akan terindar dari penyebab sakit gigi yang membuat gigi menjadi ngilu dan sakit kembali.
Konsumsi dahulu makanan yang halus dan juga lembut untuk menjaga gigi agar dalam keadaan normal dan menghindari rasa sakit kembali.

والله أعلم بالصواب

drg. Joko Wijanarko

Majmu’ah BIKUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s