Kajian Tafsir Surat Yasin (Bag. 15)

Ayat Ke-30 Surat Yaasin

يَا حَسْرَةً عَلَى الْعِبَادِ مَا يَأْتِيهِمْ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ

Arti Kalimat: Sungguh penyesalan besar bagi para hamba itu. Tidaklah datang seorang Rasulpun kecuali mereka mengejeknya

Di dalam ayat ini terkandung faidah bahwa mengejek Rasul adalah kekufuran, karena konteks kalimat pada ayat ini adalah tentang kaum yang mendustakan/ menentang Rasul dan dibinasakan dengan perbuatan itu. Sebagaimana juga dijelaskan dalam ayat lain bahwa memperolok-olok Allah, KitabNya dan Rasul-Nya adalah kekufuran:

… قُلْ أَبِاللَّهِ وَآَيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ…

…katakan: Apakah terhadap Allah, ayat-ayatNya, dan RasulNya kalian memperolok? Janganlah minta maaf, kalian telah kafir setelah keimanan kalian (Q.S atTaubah ayat 65-66)

Di dalam ayat ini juga terkandung pelajaran bahwa setiap Rasul pasti pernah mengalami ejekan dan cemoohan. Sebagian yang menjadi sasaran dakwah ada yang beriman dan ada juga yang menentang dan mengejeknya. Namun ada juga Nabi yang tidak ada yang beriman satupun (tidak ada pengikutnya sama sekali), sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ahmad yang telah disebutkan pada tafsir ayat ke-17 di atas. (disarikan dari penjelasan Syaikh Ibn Utsaimin pada hal 110).

Ayat Ke-31 Surat Yaasin

أَلَمْ يَرَوْا كَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنَ الْقُرُونِ أَنَّهُمْ إِلَيْهِمْ لَا يَرْجِعُونَ

Arti Kalimat: Tidakkah mereka melihat berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan dan mereka tidak kembali

Tidakkah mereka mengambil pelajaran (ibrah) dari keadaan kaum yang dibinasakan Allah karena menentang para Rasul, bagaimana mereka telah binasa (mati) dan tidak kembali lagi ke dunia.

Di dalam ayat ini terkandung faidah bahwa tidak mungkin seseorang yang mati dibangkitkan hidup lagi ke dunia sebelum datangnya hari kiamat. Kecuali kejadian-kejadian yang ditakdirkan terjadi oleh Allah sebagai ayat (tanda-tanda kekuasaannya).

Seperti yang disebut dalam al-Quran bahwa Isa bin Maryam alaihissholaatu wassalaam menghidupkan orang yang mati dengan izin Allah. Seperti juga kisah seseorang yang dimatikan Allah selama 100 tahun kemudian dibangkitkan kembali (Q.S al-Baqoroh ayat 59). Seperti Bani Israil yang terkena shoo-‘iqoh kemudian dihidupkan lagi oleh Allah (Q.S al-Baqoroh ayat 55-56).

Sebagaimana juga kisah seorang pemuda yang dibunuh Dajjal kemudian dihidupkan kembali. Namun secara asal, orang yang mati tidak akan bisa hidup lagi karena Allah menyatakan dalam ayat ini : annahum ilaihim laa yarji’uun (penjelasan Syaikh Ibn Utsaimin)

Ayat Ke-32 Surat Yaasin

وَإِنْ كُلٌّ لَمَّا جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ

Arti Kalimat: dan tidaklah seluruhnya kecuali berkumpul (untuk) dihadirkan di sisi Kami

Seluruh kaum, baik dari generasi-generasi terdahulu yang telah dibinasakan, seperti ‘Ad, Tsamud, dan generasi setelahnya hingga hari kiamat nanti, akan dibangkitkan dan dikumpulkan menuju Allah Azza Wa Jalla untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, hal ini sebagaimana penjelasan Qotadah.

Syaikh Ibn Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa kata “kullun” dan “jami’ sama-sama mengandung makna “cakupan pada keseluruhan”. Atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ‘semuanya’ atau ‘seluruhnya’. Namun, kata ‘kullun’ meski mengandung arti ‘seluruhnya’, bisa saja terpisah-pisah tidak berada di satu tempat dan waktu yang sama. Sedangkan kata “jami’” mengandung arti ‘seluruhnya’ dan makna ‘berkumpul di satu tempat bersama-sama dalam satu waktu’ (disarikan dari Tafsir Yaasin libni Utsaimin halaman 115-116).

(Abu Utsman Kharisman)

WA al-I’tishom

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s