Bid’ah Menghambat Istighfar

Rasulullah Shollallaahu Alaihi Wasallam Bersabda :

إنَّ الله حَجَبَ التَّوْبَةَ عَنْ كُلِّ صَاحِبِ بِدْعَةٍ حَتَّى يَدَعَ بِدْعَتَهُ

Sesungguhnya Allah Menutup Taubat dari Semua Pelaku Bid’ah Hingga ia Meninggalkan Kebid’ahannya (H.R atThobarony, dan al-Haitsamy Menyatakan bahwa Seluruh Perawinya adalah Perawi as-Shahih kecuali Harun bin Musa al-Farawy yang Tsiqah).

Mengapa Pelaku Kebid’ahan Terhalangi dari Taubat ???

Karena ia Tidak Mengakui bahwa Bid’ah yang ia Lakukan sebagai Suatu Kesalahan dan Dosa. Bagaimana ia Bisa Bertaubat dari Sesuatu yang Dia Anggap bukan Dosa ???

Sufyan Ats-Tsaury Rahimahullah Menyatakan: ”Bid’ah Lebih Disukai oleh Iblis dibandingkan Kemaksiatan, karena Kemaksiatan Memungkinkan untuk Bertaubat, sedangkan Kebid’ahan (Sulit Diharapkan) untuk Bertaubat”. (Syarh Ushul I’tiqad Ahlussunnah wal Jama’ah karya alLaalikaai (1/132).

Al-Imam Al-Auza’i Rahimahullah Menyatakan: “Iblis Bertemu dengan Pasukannya dan Berkata : Dari Arah Mana kalian Datangi Anak Adam? Mereka berkata: Dari Berbagai Arah. Iblis Bertanya: Bisakah kalian Datangi Mereka dari (Celah) istighfar? Pasukannya Berkata: Kami Dapati istighfar itu Selalu Bergandengan dengan Tauhid. Iblis berkata: Datangilah Mereka dari Arah Dosa yang Mereka Tidak Akan Beristighfar.

Al-Imam Al-Auza`i Rahimahullah Kemudian Menyatakan : Karena itulah Kemudian Mereka Menyebarkan AlAhwaa (Kebid’ahan – Kebid’ahan). (Syarh Ushul I’tiqad Ahlussunnah wal Jamaah karya al-Laalikai (1/131).

Dikutip dari Buku “Sukses Dunia Akhirat dengan Istighfar dan Taubat.”

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s