Ciri-ciri orang yang sholeh

Kebodohan tentang agama islam merebak di negeri ini. Sehingga kaum muslimin  menilai sesuatu dengan kebodohannya. Salah satunya adalah menilai seseorang itu sholeh atau tidaknya. Kaum muslimin menilai hanya dari penampilan dan luarnya saja atau dari ibadahnya saja padahal orang sholeh itu tidak bisa dinilai dari luarnya saja. Berikut ini ciri-ciri orang sholeh:

1, Aqidahnya harus lurus atau benar

Seorang yang sholeh tentu harus aqidah yang benar yaitu aqidah ahlussunnah wal jama’ah. Dia harus banyak mempelajari kitab aqidah ahlussunnah dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dia mempunyai aqidah yang menyimpang atau sesat maka dia bukan orang sholeh walaupun banyak ibadahnya dan bagus akhlaknya.

2. Bertaqwa kepada Allah

Orang yang sholeh tentu saja dia orang yang bertaqwa yaitu orang yang selalu mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu ciri laki-laki yang sholeh adalah selalu mengerjakan sholat 5 waktu berjamaah di mesjid. Sedangkan wanita yang sholehah selalu mengerjakan sholat 5 waktu diawal waktu dirumah dan memakai jilbab syar’i.

3. Beribadah sesuai tuntunan Nabi

Orang yang sholeh adalah orang yang beribadah sesuai tuntunan nabi. Orang yang banyak ibadahnya tapi tidak sesuai tuntunan nabi atau bid’ah bukanlah orang yang sholeh.

4. Bagus akhlaknya

Orang yang sholeh memiliki akhlak yang mulia dan akhlak yang mulia ini tidak bisa dimiliki kecuali dengan mempelajarinya. Salah satu cirinya adalah dia selalu tersenyum dan mengucapkan salam ketika bertemu sesama muslim.

5. Menjaga dirinya dari pergaulan yang diharamkan

Orang yang sholeh sangat menjaga dirinya dari pergaulan yang diharamkan yaitu pergaulan antar lawan jenis yang bukan mahromnya, Allah berfirman :

Katakanlah (wahai Nabi) kepada laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat.” Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka….” (An-Nur: 30-31)

Ayat diatas menunjukkan haramnya memandang lawan jenis yang bukan mahromnya. Kalau memandang saja dilarang apalagi sampai mengobrol berdua apalagi sampai bersentuhan tentu lebih dilarang lagi. Laki-laki yang sholeh tidak akan mau bergaul, mengobrol atau chattingan dengan wanita yang bukan mahromnya begitu juga sebaliknya.

Suami atau istri yang sholeh hanya bisa didapatkan dengan cara ta’aruf bukan dengan cara pacaran karena pacaran hukumnya haram dalam islam.

Itulah beberapa kriteria orang yang sholeh yang sangat jarang ditemukan di negeri ini. Mereka adalah orang-orang yang langka karena mereka adalah hamba-hamba pilihan-Nya tapi sangat sedikit yang mau menjadi hamba pilihan-Nya. Kebanyakan orang lebih suka mengejar dunia sampai ajal menjeputnya lalu berkata :

“Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: ‘Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang shalih terhadap yang telah aku tinggalkan.’ Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.” (Al-Mu’minun: 99-100)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s