Nasehat agar menjauhi para hizbiyyin

Berkata al-‘Allamah Muqbil al-Wadi’i rahimahullah:

“Dan di dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa al-‘Asy’ari radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa ‘Ala aalihi wa Sallam:

“مثل الجليس الصالح وجليس السوء كحامل المسك ونافخ الكير ، فحامل الـمسك إما أن يحـذيك ، وإما أن تبتاع مـنه ، وإما أن تجد منه ريحاً طيبة ، ونافخ الكير إما أن يحرق ثيابك ، وإما أن تجد منه ريحاً منتنة.”

“Permisalan teman duduk yang shalih dan teman duduk yang jelek adalah seperti penjual minyak wangi (misik) dan peniup api. Seorang teman duduk yang shalih ibarat penjual minyak wangi, sehingga boleh jadi ia akan memberimu (yakni memberimu sebagian minyak wanginya) atau boleh jadi engkau akan membeli darinya atau setidaknya engkau akan mendapatkan aroma yang baik selama engkau bersamanya.

Sedangkan teman yang jelek ibaratnya seperti peniup api, yang mana boleh jadi akan membakar pakaianmu atau paling tidak engkau akan mendapatkan darinya bau yang tidak sedap.”

Maka oleh karena itu saya nasehatkan kepada Anda agar menjauh dari jamaah-jamaah hizbiyyah bid’ah seperti Jama’ah Ikhwanul Muslimin (IM), Jama’ah Tabligh (JT) serta Jama’ah al-Jihad yang bodoh dan dungu.

Dan wajib atas Anda untuk bersemangat bermajelis dengan ahli ‘ilmu dari kalangan ahlusunnah dan bermusyawarah dengan mereka terhadap apa yang sedang terjadi. Dan hendaklah Anda berhati-hati dari was-was para hizbiyyin karena hal itu menyerupai was-was syaithan.

يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ ۖ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلَّا غُرُورًا

“Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.” (QS. An-Nisa: 120)

Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, berapa banyak para pemuda yang shalih, para penghafal al-Qur’an yang tampil membela ilmu as-Sunnah telah dirusak oleh para hizbiyyin dengan angan-angan yang dusta dan kelak mereka akan ditanya dihadapan Allah ‘Azza Wajalla terhadap penyesatan yang mereka lakukan. Cukuplah Allah sebagai penolong kita dan sebaik-baik penolong.”

[Gharatul Asyrithah 1/12-13]

Sumber: t.me/mokbel_alwadei

(-) Hizbiyyin = kelompok-kelompok bid’ah yang keluar menyimpang dari jalan Salafush Shalih (para shahabat, tabi’in dan atbaut tabi’in), mereka hizbiyyin membangun al-wala (loyalitas) dan baro’ (kebencian) diatas kelompoknya.

Channel Telegram : t.me/salafymajalengka

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s