Larangan menggunakan jimat

عَنِ الْحَسَنِ قَالَ أَخْبَرَنِي عِمْرَانُ بْنُ حُصَيْنٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ عَلَى عَضُدِ رَجُلٍ حَلْقَةً أُرَاهُ قَالَ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ وَيْحَكَ مَا هَذِهِ قَالَ مِنَ الْوَاهِنَةِ قَالَ أَمَا إِنَّهَا لَا تَزِيدُكَ إِلَّا وَهْنًا انْبِذْهَا عَنْكَ فَإِنَّكَ لَوْ مِتَّ وَهِيَ عَلَيْكَ مَا أَفْلَحْتَ أَبَدًا (رواه أحمد)

Dari al-Hasan (al-Bashri) beliau berkata: Telah mengkhabarkan kepadaku Imron bin Hushain bahwa Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam melihat pada tangan seseorang terdapat lingkaran -aku kira- dari kuningan. Kemudian Nabi bersabda: Celaka engkau. Apa ini? Orang itu berkata: Untuk mencegah/menyembuhkan sakit pada bahu. Nabi bersabda: Sesungguhnya itu tidaklah menambahmu kecuali kelemahan. Cabutlah darimu, karena seandainya engkau meninggal pada saat benda itu masih bersamamu, engkau tidak akan selamat selamanya. (H.R Ahmad, dengan sanad yang tidak mengapa (tidak lemah)).

Penjelasan Makna Hadits:

Hadits ini menjelaskan bahwa Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam melihat seseorang yang menggunakan lingkaran dari tembaga yang setelah Beliau bertanya apa tujuan memakainya, orang itu menyatakan tujuannya untuk menghilangkan atau mencegah sakit wahinah (semacam sakit urat pada bahu laki-laki).

Itu adalah Jimat yang dipakai. Maka Nabi memerintahkan agar lingkaran itu dicabut, karena tidaklah memberikan manfaat justru akan memberikan mudharat kepadanya, yaitu semakin menambah lemah.

Beberapa Faidah yang bisa diambil dari Hadits:

1. Memakai gelang atau cincin untuk mengobati atau mencegah datangnya sakit, atau marabahaya yang lain adalah perbuatan kemunkaran.

Karena itu Nabi mengingkarinya dan memerintahkan untuk dicabut (dilepas dengan kuat).

2. Ini adalah salah satu contoh Nabi menerapkan Nahi Munkar (mengingkari kemungkaran).

Sebagian orang menganggap bahwa dakwah itu hanya menyampaikan kebaikan saja, sampaikan yang baik-baik ajarkan tauhid, sunnah dan semisalnya, tidak perlu mencegah dari kemunkaran. Ini adalah pendapat yang salah.

Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam menyuruh Sahabat Nabi yang memakai lingkaran dari tembaga itu untuk melepasnya, karena itu adalah Kemunkaran (Kesyirikan).

3. Hadits ini merupakan salah satu dari sekian banyak Dalil kaidah yang ditetapkan para Ulama:

Menjadikan sesuatu sebagai penyebab, yang bukan termasuk penyebab Syar’i ataupun Qodariy maka itu adalah Kesyirikan.

Orang yang memakai lingkaran dari tembaga itu memaksudkan bahwa benda itu adalah penyebab yang bisa mengobati atau mencegah sakit urat pada bahu.

Namun, Nabi mengingkarinya, karena benda itu bukanlah penyebab yang syar’i maupun qodariy.

Secara syar’i benda itu tidak diperintahkan atau dibenarkan dalam al-Quran atau Hadits sebagai penyebab kesembuhan atau mencegah penyakit.

Secara Qodariy tidak ada hubungan kausalitas langsung dan nyata yang menunjukkan bahwa benda itu jika dipakai akan menghilangkan atau mencegah penyakit.

Karena tidak ada hubungan sebab syar’i atau qodariy itulah maka Nabi mengingkarinya dan menyuruh untuk mencabutnya, tanpa harus bertanya: Lalu apa keyakinanmu terhadap benda ini? Nabi tidak menyatakan: Kalau engkau masih meyakini bahwa benda ini hanya sebab saja sedangkan Allah yang Maha berkuasa untuk mencegah atau mengobati penyakit, maka silakan pakai, itu bukan syirik.

Jelas menunjukkan bahwa sekedar memakainya saja adalah sebuah kemunkaran, tanpa melihat apa i’tiqod (keyakinan) yang ada di dalam hatinya.

4. Perlunya menanyakan dan meminta kejelasan sesuatu sebelum mengingkari kemunkaran.

Nabi masih bertanya sebelum menegur orang itu: Apa ini? Siapa tahu mungkin benda yang dipakai adalah benda untuk tujuan yang jelas secara syar’i atau qodariy. Namun ketika bukan, Nabi baru mengingkarinya.

Dikutip dari Draf Buku ” Tauhid, Anugerah yang Tak Tergantikan ”

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

Sumber : https://telegram.me/alistiqomah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s